Selasa, 25 November 2014

ikan gabus penyembuh luka




Sembuhnya Luka

Rabu, 26 November 2014 | 01:04 WIB
Ilustrasi. (Foto : Dok)

IKAN gabus oleh masyarakat di Pulau Jawa sering disebut kutuk. Selain mempunyai kandungan protein tinggi, jenis ikan ini juga dikenal sebagai bahan pangan sumber albumin. Wajar jika akhirnya para penderita albumin rendah (hipoalbumin) biasa memanfaatkan ikan gabus untuk membantu mempercepat sembuhnya.

Selain itu juga diyakini membantu mempercepat sembuhnya luka seperti luka bakar, pasca dioperasi, pasca dikhitan dan luka kronis lainnya. Herbalis asal Wonosari Gunungkidul, Yuniari termasuk yang rutin mengolah daging serta minyak dari ikan gabus menjadi kapsul.

"Secara garis besar, ikan gabus disteam atau diungkep dahulu. Bagian airnya diberi rempah-rempah seperti serai, jahe, pandan dan kapulaga. Dengan rempah-rempah ini antara lain untuk mengurangi amis," papar Yuni di suatu event pameran, baru-baru ini.

Garis besar pembuatan kapsul berbahan ikan gabus, lanjutnya, daging disteam. Ketika disteam, tetesan minyaknya dapat ditampung di suatu wadah. Daging yang sudah disteam ditambah minyak ikan gabus menjadi bahan baku untuk membuat kapsul.

Khasiat albumin lainnya antara lain berkhasiat mengangkut bahan-bahan yang kurang larut dalam air melewati plasma darah dan cairan sel. Jika jumlah albumin turun, maka akan terjadi penimbunan cairan dalam jaringan endema. "Albumin mampu membantu menghilangkan oedem atau pembengkakan," tegasnya.

Manfaat ataupun khasiat lainnya seperti membantu  mempercepat proses penyembuhan hepatitis, TBC/infeksi,tipes dan diabetes. Selain itu memperbaiki gizi buruk pada wanita hamil, bayi maupun anak-anak. Bahkan, membantu meningkatkan kadar albumin serta daya tahan tubuh. (Yan)

Terkait


Tidak ada komentar: