Sabtu, 20 September 2014

10 Tip Untuk Persiapan Trip Mancing



10 Tip Untuk Persiapan Trip Mancing

Dalam Trip Mancing seringkali kita hanya perlu waktu yang terbatas untuk melakukan persiapan dan pengecekan perlengkapan yang harusnya kita bawa dikarenakan kita hanya mengadalkan sistim persiapan 1 hari menjelang hari keberangkatan, biasanya adapula yang terpaksa begadang hanya untuk persiapan dadakan ini. Untuk itu tidak ada salahnya kita belajar bersama untuk dapat mempersiapkan secara sistimatis semua hal untuk Trip Mancing kita, Disini saya akan bersharing 10 Tip untuk persiapan tersebut yang tentu saja selalu saya biasakan untuk melakukannya.
1. Sebaiknya hindari begadang jika sudah mendekati hari keberangkatan, apalagi pada saat H-1, Hal ini sangat berguna untuk stamina kita pada saat trip mancing dimana kita harus berhadapan dengan angin malam, kondisi cuaca yang buruk atau hujan dengan gelombang laut yang membutuhkan ketahan phisik agar kita terhindar dari kondisi tidak fit atau prima.
2. Biasakan makan pagi atau sarapan sebelum kita berangkat menuju pelabuhan atau menuju lokasi kapal, sehingga bila kita harus menempuh perjalanan jauh baik dengan kendaran darat atau sudah menggunakan kapal kita tidak mudah masuk angin atau terhindar dari resiko mabuk darat atau mabuk laut.
3. Perhatikan perlengkapan pribadi mulai dari Baju ganti, Baju hangat/ jacket, Jas Hujan, Baju pelampung, plastik kertas gula untuk pengaman Dompet, Handphone, dan kamera pocket, obat-obatan pribadi seperti minyak angin, tolak angin, atau yang lainnya, sikat gigi dan shampo sachet jika kita harus melakukan trip lebih dari satu hari satu malam, topi, kacamata, dan sun block.
4. Pastikan untuk Handphone sudah dicharge agar bila sudah dilaut ready untuk menjaga komunikasi dengan keluarga atau untuk saat penting bila masih ada signal dilokasi spot mancing kita, namun bila signal tidak ada dilokasi spot mancing kita sebaiknya matikan dan amankan dari kerusakan, benturan, basah dan atau terjatuh baik kedalam kapal maupun yang paling parah terjatuh ke laut sebagai penghias karang didasar laut.
5. Yang penting lagi adalah pastikan semua piranti mancing kita siap pakai dimana setiap trip pasti selalu ada target baru yang akan dicapai baik dari size, ukuran berat dan jenis ikannya, untuk itu selalu periksa tackle box kita apa sudah ada piranti yang kita inginkan serta accesoriesnya, untuk Reel pastikan semua dalam kondisi prima periksa body maupun kelengkapan baut/scrup/murnya dalam kondisi lenkap terpasang, pastikan pula kita sudah memeriksa tali/kenur atau line yang akan kita gunakan terhindar dari cacat atau kusut, sedangkan untuk joran/rod/stick kita pastikan semua guide/ring line lengkap dan baik tidak goyang atau tidak terpasang keramik/guidenya. perlu ingat pula bila kita baru membawa joran/rod/stick Baru terutama yang 2 (Two) Piece sebaiknya dicoba pasang dulu agar kita tahu bahwa sudah bisa masuk dan tersambung baik atau perlu kita modif sedemikian rupa sehingga pada saat digunakan tidak ada lagi kendala yang seharusnya tidak menunda strike kita.
6. Untuk Grup/Club mancing kita selalu biasakan untuk saling mengingatkan perlengkapan air bersih untuk masak-memasak dan air untuk minum, ini adalah sesuatu yang Vital diingat karena kita tidak ingin pada saat ditengah lautan mengalami dehidrasi kehabisan air minum atau tidak bisa masak-memasak dikarenakan air bersih tidak tersedia.
7. Untuk Grup/Club penting diingat untuk memastikan kebutuhan Batu Es cukup buat semua Box Ikan atau cadangan box mengingat jika harus menyimpan hasil pancingan kita apalagi bila kita mengadakan trip yang lebih dari 1 hari 1 malam, maka Batu Es perlu untuk mengawetkan ikan hasil pancingan agar bisa tetap segar setelah kita bawa kerumah masing-masing.
8. Untuk yang mengalami mabuk laut segera minum air hangat untuk menjaga kondisi perut agar tidak berlanjut mabuknya atau minum tolak angin, jika masih saja mabuk sebaiknya jangan sungkan dan malu untuk berusaha menuntaskan mabuknya dengan mengeluarkan mual agar bisa melanjutkan trip mancing kita dan sehat kembali, namun jika hanya pusing jangan memaksakan untuk tetap mancing, segera bawa istirahat/tidur secukupnya lalu kemudian melanjutkan mancing jika sudah sehat. Dalam kondisi badai yang tidak dapat dihindari dan tidak ada ynag kuat untuk mancing segera diskusi dengan kapten kapal untuk mencari tempat aman berlindung dari badai kemudian trip dilanjutkan bila kondisi sudah kembali aman.
9. Biasakan membuang sampah kita dengan baik dengan selalu menyediakan tempat sampah/kantong sampah agar kita dapat mensukseskan program Go Green dan bisa berbuat untuk menjaga alam/bumi kita dari percepatan global warming.
10. Mulailah belajar untuk Program CnR, Catch and Release terutama untuk spesies yang langka atau size dan ukuranya terlalu besar karena Ikan yang besar ukurannya sudah terbukti bisa mempunyai kesempatan hidup yang lebih baik untuk dapat berkembang biak dibandingkan ikan yang masih kecil ukurannya, agar jenis ikan terjaga dari kepunahan untuk dapat pula dirasakan dan dinikmati cara memancingnya untuk anak dan cucu kita kelak, jika memungkinkan untuk diangkat dengan aman dan sekedar dokumentasi boleh diangkat lalu kemudian relies dengan benar, hal ini tidak berlaku jika ikan yang tertangkap sudah tidak bisa hidup lagi atau terluka parah.
Demikian 10 Tip untuk persiapan Trip Mancing yang bisa saya sharingkan, Tip ini keliahatan sederhana namun jika kita terbiasa disiplin dengan tip tersebut diatas dijamin trip mancing kita akan berjalan dengan lancar dan dapat menikmati setiap strike yang kita dapatkan, ahirnya selamat menikmati Trip Mancing dan Salam Strike.

Tidak ada komentar: