Minggu, 30 Desember 2012

Resep Bandrek

Sorry buat yg mancing… numpang lewat…

(Soalnya kalau mancing malam-malam minum bandrek paling paas).

 

 

Ini hasil scan resep bandrek.

 

Intinya:

1.       Jahe yang uda tua, di iris-iris.

2.       Gula merah yang item (kalau bisa yg dari sumatera utara, yang pohon arennya udah tua, disadap bertahuntahun untuk bikin tuak).

3.       Sereh dimemarkan

 

Dimasak pelan api kecil (minimal 2 jam), kalau punya slow-cooker seperti saya masaknya 6-8 jam.

Kalau dulu tukang bandrek di pinggir jalan, masaknya satu malaman.

 

Tambahannya terserah (dikombinasi)

Bisa cengkeh, kayumanis, adas manis, daun jeruk, kulit jeruk (ini supaya mudah kentut), daun pandan, pala, dll.

 

Kalau tukang bandrek pinggir jalan, supaya murah dan pedas, jahenya dikurangin ditambahin jahe atau cabai.

 

Susunya ditambahin belakangan. Kalau bisa susu yang tidak manis (tepung susu), dulu di Pramuka, saya kasih susu kental manis, akibatnya jadi kemanisan dah.

 

Menurut buku dikasih gula pasir, kalau saya sih -> gula aren semua.

Resepnya aku tanya ke tukang bandrek, bukan dari buku ini.

 

Sip.

 

 

 

 

Bukunya ini bagus. Bisa beli di gramedia.

Ini buku yang jarang, isinya hampir lengkap semua resep makanan minuman herbal Indonesia.

Tebel. 500 halaman sih.

 

Tidak ada komentar: