Senin, 29 Juni 2009

Lele with poni bibless

Popping tawes (pengganti popping bandeng buat yang tinggal di Pegunungan)

*Popping tawes (pengganti popping bandeng buat yang tinggal di Pegunungan)*

Penasaran karena pengen juga merasakan popping bandeng, akhirnya saya
cari2 saja kolam tawes, daripada jauh2 ke luar kota (tambak bandeng yang
paling dekat aja di Semarang 80km dr Magelang, he3). Karena karakter
bandeng dan tawes hampir sama, sama2 herbivora tapi kalau sudah
berukuran besar akan jadi oportunis untuk menyambar anak ikan juga atau
makhluk hidup bergerak lainnya.
Lokasi kolam ada di daerah Salaman agak di luar kota Magelang ya bangsa
15km lah. Sayang ikan disini agak mahal sekilo 17.500 untuk segala jenis
ikan (nila, tawes, bawal, ikan mas, lele dll).
Kolam tidak begitu luas tapi isinya campur ada nila dan tawes, tapi
karena nila udah bosen saya tipu akhirnya saya konsentrasi saja ke tawes.
Saya coba casting pake pluto pada kesempatan pertama dan selanjutnya
hanya ngikut2 doang.. bikin penasaran... harusnya bisa dibikin frenzy nih...
Akhirnya minta ama yang punya kolam pelet umpan 1 ember. Saya tebar2in
pelet di permukaan kolam.. jadi deh frenzy.. asyik... langsung lempar
pluto di sekitar kerumunan ikan yang sedang frenzy pada kesempatan
pertama langsung mocel.. coba lagi akhirnya kena.. he3.. asyiiiik.....
tenaga tawes ternyata heboh juga kalo kena popper.... lebih bagus
dibanding nila.... berulang kali dapat terus..... ada juga bonus gurami
kena pluto.. he3...

ayo.. ayo dicoba dong eksperimen popping tawes di kolam.. bagi yang
tinggal di pegunungan ganti aja bandeng dengan tawes.. tidak kalah
asyiknya lhooooo....

Ini ada foto2nya.

Oka dan sumatra tigerfish

Katanya dapat di sungai batanghari, jambi.

Minggu, 28 Juni 2009

bawal dan mujair on casper

acara waderan kemaren

Iseng2 ngikutin gathering mancing wader rame2 di sungai kecil dekat
rumah pak lek Dino. Cukup mayan rame. Dan mayan jg bisa nostalgia
strike wader.

Casper (salah satu seri MinoRio Micro)

Ini adalah salah satu seri minnow dari seri mikro yang pake single
treble. actionnya sangat bagus sekali... lebih mirip udang daripada
ikan... hampir semua ikan mau nyamber minnow jenis ini. Ukuran di bawah
3 cm, sangat kecil... untuk ikan2 di bawah 1 kg peruntukannya... ikan di
atas seringnya ketelen.. apalagi nemuin ikan yang punya gigi kalo
ketelan bablas deh...
Teknik pemakaiannya sih biasa saja.. cukup cast and retrieve... kadang
stop and go... lure ini tipe semi suspend.. jadi kalo dibiarin akan
turun perlahan ke dasar... jadi kalo di stop akan pelan2 turun..
layaknya ikan yang kolaps.. jadi easy meal buat predator...
Untuk benang/kenur pakailah sekecil mungkin karena ukurannya yang sangat
mini ini.. beratnya rata2 cuman 5gr saja...

Semoga membantu dengan review singkat ini.

Ada foto pas dapat bawal nih...


dapat mujair

dapat managuense

--
Soni
dian_wiryatmo@yahoo.Co.Id
08562910578

http://ceremende.blogspot.com/

Sabtu, 27 Juni 2009

Small fish takes big bite

Small fish takes big bite


By Simon Boxall, simon@cfp.ky

Tuesday 9th October, 2007 Posted: 16:42 CIT (21:42 GMT)

*> Comment on this story
<http://www.caycompass.com/cgi-bin/CFPnews.cgi?ID=1025678#commnts>*

Local fisherman, McPherson 'Dorson' Wright recently landed a fish that
may be heading into the world record books.

Great Swallower

The Snake Mackerel show coiled in the partially opened stomach of the
Great Swallower. /Photo: Phillippe Bush, Department of the Environment/

Mr. Wright said that normally one expects 'big fish to eat down the
small fish", but the hungry little fish broke that rule in a big way.

While fishing in about 1,400 feet of water off the South Coast of Grand
Cayman, Mr. Wright's attention was drawn to an object that was floating
on the surface nearby. He motored over to investigate and picked up a
dead fish that simply amazed him. It is now also astonishing scientists
both here and in the United States.

In the belly of the fish was another fish, and this one was clearly
much, much bigger. In fact when it was measured it was determined that
the fish he picked up had eaten a 'snake mackerel' that was more than
four times its own length.

"When I first saw it I really couldn't believe my eyes," said Wright.
"It had obviously just died, so I decided I had to put it in the boat
and take it down to the Department of the Environment to investigate it
further."

Marine Scientist Phillippe Bush snapped some photographs and sent them
up to the Harbor Branch Oceanographic Institute in the United States. A
short time later, Tracey Sutton wrote back saying the fish "was
appropriately called a 'Great Swallower' and it normally lives in deep
water."

The scientist was clearly excited by the pictures he was looking at. Mr.
Sutton wrote saying "This is amazing! I have seen this fish with big
prey before but yours takes the cake. It would surely rank as one of the
largest, if not the largest, rations known among all fishes (relative to
their own weight)."

The scientist added that it was likely "the finding would be written up
in a scientific paper" and then wondered how the Great Swallower avoided
being eaten by the Snake Mackerel.

Mr. Sutton also asked if the photo of the fish could be used on a poster
next year.

The scientist at the Harbor Branch Oceanographic Institute also offered
to pay to have Mr. Wright's fish shipped to the United States.

The Great Swallower found off South Sound was just 7.5 inches in
length. The fish it had eaten, an extremely aggressive snake mackerel,
measured 34 inches, which is close to three feet in length.

Local Marine Scientist Phillippe Bush was in awe of the smaller fish's
appetite.

"I would hate to see what a three--foot--long Great Swallower is capable
of eating."

marlin pandeglang

Berita di Kompas ketika angin selatan

Jumat, 26 Juni 2009

Peralatan mancing di Kep. Seribu dengan target ikan di bawah 10kg

From: Marine Buddies

Buddies... ada yang sedang merencanakan untuk pergi ke P seribu dan akan
melakukan aktivitas mancing? simak tulisan ringkas tentang tips-tips
mancing...

===============>

Berikut ini adalah peralatan mancing di Kep. Seribu atau dengan target ikan
dibawah 10kg.

*JORAN (ROD)*

Joran sebaiknya tanpa sambungan (one piece), atau maksimal sambung dua (two
pieces).

Bahan yang banyak digunakan adalah fibre glass,Carbon, Grafit, Boron atau
Kevlar. Panjang joran yang ideal antara 120 cm hingga 180 cm. Ukuran yang
umum digunakan berkisar 5' 6"~6' (5 feet 6 inch s/d 6 feet) sekitar 168~180
cm, biasanya ukuran ini ada pada badan joran. Merk yang umum dipakai adalah
: Shimano, Daiwa, Fenwyck, Berkley dsb.

Biasakanlah memilih joran yang ringan dan sedikit kaku (fast taper) untuk
reaksi cepat dan akurat.

Dan untuk pemilihan joran ini, terserah anda dan sesuai dengan buget anda.
Saya sarankan untuk memilih yang tidak terlalu mahal, dan yang pasti jangan
yang teleskopik untuk hasil yang maksimal.

*PENGGULUNG (REEL)*

Dalam hal ini anda cukup memerlukan sebuah penggulung Spinning Type
penggulung yang baik adalah : ringan, memiliki minimal 3 bantalan roda (ball
bearing), semakin banyak semakin baik, kapasitas kenur 200-400m. Untuk
peralatan yang satu ini, berlaku pepatah : Money never lies, jadi anda
jangan membeli penggulung yang tanggung-tanggung, terlebih lagi bukan dari
merk ternama seperti : Shimmano dan Daiwa. Lebih baik uangnya ditabung dulu
sampai cukup untuk membelinya, daripada kecewa dan menyesal.

Saya pribadi sangat cocok dan pas menggunakan ukuran 3000-4000 untuk
menikmati tarikan dan sensasi, dan ukuran 6000-8000 untuk cari omzet (ikan
untuk ngisi kulkas)

*KENUR (LINES)*

Yang umum dan layak digunakan adalah ukuran 8-20 lbs. Untuk pemilihan merk
kenur ini, terserah anda dan sesuaikan kondisi keuangan anda. Saya sendiri
akan menggunakan kelas kenur 8-10 lbs untuk mancing dasar (kakap merah,
kuwe, kerapu) maupun mancing koncer (tenggiri / alu-alu).

Dan saya lebih senang menggunakan yang murah, yang kapasitas 1000-2000m tiap
rolnya, sehingga dapat leluasa mnegganti kenur setiap 2-3 kali mancing.

*KAIL (HOOK) *

Mata kail yang biasa digunakan adalah no.1,2,5,6,7. (tiap merk terkadang
berlainan nomornya)

Ada beberapa merek yang sudah terkenal dan banyak dipakai yakni Owner,
Gamakatsu, Mustad, Daiichi. Gantilah mata kail yang telah berkarat atau
tumpul; atau carilah mata kail yang cukup tajam, tetapi relative murah
sehingga anda dapat menggunakannya kemudian dibuang (disposable / sekali
pakai))

*SABIKI / KOTREK*

Sabiki adalah rangkaian beberapa mata kail (minimal 5 kail) yang dibuat
sedemikian menarik, menyerupai makanan ikan sehingga ikan dengan segera
menyambar rangkaian pancing ini. Biasanya SABIKI sangat efektif untuk
mancing ikan umpan seperti : selar, tembang, layang, kembung, como, dll.
Untuk mancing ikan-ikan ini digunakan nomor 5,6,7 . Untuk jenis ini, harga
berkisar 5000-15000 ribu.

*TIMAH*

Timah / pemberat yang biasa digunakan adalah nomor 1-3-5-8, dan gunakanlah
bentuk memanjang / seperti peluru, karena bentuk timah yang bulat / oval,
mengakibatkan melintirnya kenur.

*KILI - KILI*

Ada dua macam : kili-kili peniti dan kili-kili biasa.

Biasakanlah selalu memakai kili-kili di setiap sambungan kenur Utama dengan
tali pandu (leader).
Manfaat utama adalah untuk mengurangi kenur melintir.

*NIKELIN*

Nikelin atau kawat yang tersedia di semua toko pancing, digunakan untuk
mancing ikan bergigi tajam seperti barracuda, tenggiri, dll. Untuk mancing
di Kep.Seribu, gunakanlah yang SOFT nomor 25-30.

*KOTAK PANCING (TACKLE BOX)*

Sangat berguna untuk membawa semua peralatan anda untuk mancing di laut.
Berbagai macam pilihan model dan merk kotak pancing ini. Saya sarankan
membeli yang jangan terlalu kecil, karena anda akan beli lagi dan beli lagi
karena kotak pancing anda kekecilan. Paling tidak panjang 40-60cm.

Pastikan semua peralatan pancing anda (selain joran) dapat masuk dengan
leluasa dalam kotak anda.

====================
tulisan adalah copyright dari http://lintass.multiply.com/reviews/item/44

casting minnow dari karang

Yang ukuran seperti ini yg biasa dipakai di karang. Kebiasaan di daerah Gombong.

Selasa, 23 Juni 2009

Fwd: casting with minnow oleh Opay

From: Opay

iwak werik

Wahyu Widhi Handoko
pada 22 Juni 18:26

Oo bukan palung ya mas. kalo disini namanya werik mas. Dptnya di sungai
dkt waduk wonorejo. Ni ikan kuat sekali mas, sukanya di air mengalir deras.